Waktu Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam Ideal untuk Menurunkan Berat Badan

Musim liburan membuat rencana penurunan berat badan terasa lebih berat. Godaan untuk makan sulit untuk ditolak dan berolahraga dalam musim hujan seperti ini menjadi tantangan. Lalu bagaimana agar upaya menurunkan berat badan tidak gagal?

Menurunkan berat badan bukan hanya tentang berolahraga dan fokus pada timbangan, tetapi lebih tentang cara hidup. Gaya hidup sehat adalah cara pasti untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Bukan hanya jenis makanan dan jumlahnya, tapi juga waktu makan yang tepat. Makan pada waktu yang tepat sangat penting untuk membantu proses alami yang mengontrol metabolisme dan proses tubuh lainnya.

Berikut waktu yang tepat untuk menikmati sarapan, makan siang, dan makan malam untuk menurunkan berat badan dan hidup sehat.

1. Sarapan

Sarapan berat sangat penting untuk mengatur nafsu makan sepanjang hari. Jika makanan pertama hari sehat, maka keinginan untuk makan yang tidak sehat dan tidak tepat waktu akan berkurang. Waktu terbaik untuk sarapan adalah setelah jam 7 pagi.

2. Makan siang

Makan siang yang berat tidak membahayakan siapa pun. Namun, makan siang yang seimbang dan sehat membantu tubuh mendapatkan energi untuk hari yang panjang. Makan siang harus menjadi makanan enak yang membuat kenyang, penuh dengan vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat. Waktu terbaik untuk makan siang adalah antara pukul 12:30 hingga 13:00.

3. Makan malam

Untuk menurunkan berat badan, makan malam sangat penting. Makan malam di waktu yang tepat itu penting. Makan malam lebih awal adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan fisik yang bagus. Makan di larut malam menyebabkan pencernaan menjadi lambat dan seluruh proses pencernaan, meskipun lambat, tidak berlangsung dengan baik saat makan larut malam. Bukan hanya itu, makan larut malam mengganggu tidur. Sementara, makan malam lebih awal membantu proses pencernaan makanan lebih baik karena membuka jalan untuk puasa semalam yang berlangsung lebih lama dari standar delapan jam.

Para ahli mengatakan bahwa orang yang makan antara jam 6 pagi sampai jam 2 siang kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang makan terlambat. Namun, ini berarti harus berpuasa lebih lama yang belum tentu cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap menggunakan waktu awal yang teratur yaitu antara pukul 18:00 hingga 18:30. Makan malam setelah jam 8 malam bisa menyebabkan penambahan berat badan dan penambahan ukuran pinggang dan juga menyebabkan kenaikan berat badan secara keseluruhan, menurut penelitian.

Jadi, pilih makanan yang seimbang dan makanlah di waktu yang tepat untuk membantu mencapai target berat badan dan gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *