Produsen Mobil Jepang akan Menerapkan Teknologi Mengemudi Otonom

Produsen mobil Jepang mulai mengejar ketinggalan dari pesaing asal AS dan Cina tentang teknologi mengemudi otonom. Menurut laporan dari Nikkei Asia seperti dikutip dari carscoops, Sabtu, 1 Januari 2022, produsen seperti Mazda, Toyota, dan Subaru akan mulai menggabungkan teknologi self-driving Level 2 ke dalam berbagai macam kendaraan.

Sistem mengemudi otonom dikelompokkan ke dalam lima tingkatan. Tertinggi adalah sistem mengemudi otonom tanpa bantuan manusia alias mobil tanpa sopir. Sedangkan level 2 memungkinkan pengemudi melepas tangan dari setir di jalan raya namun pengemudi dituntut untuk mengambil alih kendali setiap saat diperlukan.

Meskipun tidak semua senang dengan teknologi mobil otonom, namun apa yang dikembangkan Waymo Alphabet dengan teknologi Level 4 sudah melalui beragam tahap pengujian. Startup ini bahkan sudah bersiap untuk melakukan penelitian dan penerapan teknologi otonom Level 5.

Sejauh ini, kemampuan mengemudi Level 4 terbatas di Jepang, membuat Level 2 dan 3 menjadi fokus utama untuk model tahun 2022. Yano Research Institute di Tokyo mengklaim bahwa pada 2030, 62 persen mobil otonom di Jepang akan memiliki teknologi mengemudi Level 2.

Pada 2022, Toyota akan melengkapi model Crown andalannya dengan teknologi otonom Level 2. Saat ini, teknologi ini hanya tersedia di sedan kelas atas Lexus dan Toyota Mirai. Toyota juga berencana untuk menambahkan teknologi tersebut ke model lain seperti Corolla.

Mulai 2022, Mazda juga akan menawarkan fitur otonom Level 2 atau 3 di SUV dan sedan menengah mereka. Demikian pula, Subaru telah mengumumkan bahwa semua mobilnya yang dijual secara global akan memiliki teknologi mengemudi otonom Level 2, yang bisa dioperasikan pada kecepatan hingga 50 km per jam.

Sementara itu, teknologi mengemudi otonom Level 4 akan memerlukan beberapa perubahan dalam undang-undang mengemudi di Jepang. Peraturan kemungkinan akan segera dilonggarkan untuk membuka peluang bagi produsen mobil Jepang mengembangkan teknologi mengemudi otonom yang lebih canggih.

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *