Pakar Ungkap 4 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Sulit Tidur

Kebanyakan orang pernah mengalami sulit tidur meski sudah siap. Kepala sudah di atas bantal tetapi pikiran masih melayang ke mana-mana. Mata menjadi tidak ingin terpejam dan tidur seakan hal yang susah dilakukan.

Apabila mengalami hal itu setiap akan mau tidur, berikut beberapa tips dari dokter dan spesialis tidur untuk mengatasi malam yang gelisah.

1. Menuliskan daftar tugas

Dikutip dari Mindbodygreen.com, seorang spesialis pengobatan tidur, Shelby Harris, mengatakan bahwa salah satu cara cepat menghilangkan pikiran dan kekhawatiran adalah dengan menuliskannya. Luangkan waktu untuk menjauhkan tugas atau kecemasan ke atas kertas. Jadi ketika memikirkannya kembali maka seakan sudah melakukannya.

2. Bangun dan melakukan aktivitas

Mungkin melakukan sesuatu saat ingin tidur merupakan hal yang berlawanan dari cara mencoba untuk tidur. Praktisi kedokteran keluarga bersertifikat, Robert Rountree, mengatakan bahwa melakukan sesuatu lebih baik daripada berbaring dengan pikiran kemana-mana.

Setelah sekitar 30 menit melakukan sesuatu, baik ke tempat terang atau melakukan sesuatu yang tidak membuat stres, akan dapat mengalihkan pikiran.

3. Melakukan rutinitas santai

Reuntree merekomendasikan untuk melakukan aktivitas yang menenangkan seperti mandi dengan air hangat atau pancuran, mendengarkan musik yang menenangkan, atau melakukan meditasi. “Baca buku fisik dapat membantu bersantai dan mengalihkan pikiran dari berbagai hal,” tambah pakar pengobatan fungsional Stacie Stephenson.

4. Menghindari stresor

Menghindari pemicu potensial merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan di malam hari saat mengalami kesulitan tidur. Rebecca Robbins seorang peneliti tidur dan rekan Penulis Sleep for Success menyarankan meninggalkan alkohol, makanan berat, dan air dalam jumlah banyak yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Jauhi berita atau gambar yang membuat stres saat akan tidur. Jauhkan ponsel agar tidak tergoda untuk scrolling yang akan membuat sulit tidur.

SHELAMITA AZZAHRA | MIND BODY GREEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *