Masalah Kulit Tersebab Diabetes, Infeksi Bakteri dan Jamur

Diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit yang ditandai cirinya kadar gula darah yang tinggi. Ada empat jenis diabetes, yaitu tipe 1, tipe 2, gestasional, dan tipe lain. Mengutip dari situs web Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, beberapa gejala diabetes antara lain kulit kering gatal, infeksi, luka, dan memar yang lama sembuhnya.

American Diabetes Association melaporkan, masalah kulit pada pasien diabetes disebabkan oleh beberapa hal. Adapun di antaranya, yaitu infeksi bakteri dan jamur.

Pasien diabetes mudah terinfeksi bakteri. Beberapa organisme yang berbeda dapat menyebabkan infeksi, yang paling umum adalah bakteri stafilokokus Sebelum ditemukan antibiotik, dulu infeksi bakteri dapat mengancam nyawa pasien diabetes. Saat ini, antibiotik dan metode pengendalian gula darah telah berkembang, sehingga mengurangi risiko makin parah.

Infeksi jamur pada pasien diabetes seringkali disebabkan oleh Candida albicans. Jamur seperti ragi ini menyebabkan ruam gatal di area kulit yang lembap hingga meradang. Biasanya kulit pasien diabetes yang terinfeksi jamur kondisinya seperti melepuh. Infeksi jamur sering terjadi di bagian lipatan kulit yang hangat seperti di bawah payudara, kuku, jari tangan dan kaki, mulut, kulup, ketiak dan selangkangan.

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *