Cara Mencuci Mesin Mobil Agar Tak Berdampak Kerusakan

Mesin mobil adalah komponen dan sistem yang berperan penting terhadap kinerja kendaraan beroda empat ini.

Setiap kendaraan pada umumnya tentulah memiliki komponen-komponen mesin. Dilansir dari laman suzuki.co.id, komponen mesin tersebut memiliki fungsi untuk mengubah energi panas pada kendaraan menjadi energi gerak.

Karena mesin adalah komponen terpenting pada mobil dan kendaraan lain, mesin tentunya harus tetap terawat dengan baik. Sebab, meskipun selalu tertutup, ternyata ruang mesin pada mobil, juga bisa terpapar oleh debu dan juga kotoran.

Jika mesin kotor atau pun berdebu, anda tentunya harus membersihkannya. Namun, perlu anda ketahui, membersihkan mesin mobil haruslah dengan cara yang tepat. Menurut laman auto2000.co.id, ada beberapa cara untuk membersihkan mesin mobil, berikut penjelasannya.

1. Memilih lokasi yang tidak langsung terpapar dengan matahari. Memilih tempat yang tepat adalah cara lain untuk merawat mesin mobil. Jika mesin mobil terkena paparan matahari langsung itu tidak baik. Hal ini, karena dalam mesin terdapat bagian yang berbahan karet dan plastik bisa rapuh jika terkena air dan langsung terkena matahari sehingga kerjanya akan menurun.

2. Pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Perlunya mesin mobil dalam keadaan dingin tentunya untuk memudahkan membersihkan dan menghindari sisa arus listrik yang tersisa. Namun jika mobil dalam keadaan baru dijankan, Anda bisa menunggu sekitar 30 sampai 45 menit hingga mesin mobil dingin.

3. Perhatikan bagian yang memiliki aliran listrik. Mencuci menggunakan air tentulah mempunyai efek kurang baik terhadap bagian yang mempunyai alus listrik, misalnya seperti aki. Oleh karena itu, jika Anda ingin membersihkan mobil sebaiknya mencopot aki ataupun membungkusnya dengan bahan yang kedap air.

4. Membersihkan debu ataupun kotoran ringan. Setelah 3 tahap diatas, maka langkah selanjutnya yaitu, Anda mulai membersihkan debu-debu yang ringan yang menempel pada permukaan mesin.

5. Bersihkan bagian bawah kap mesin. Sebelum membersihkan komponen mesin-mesin mobil, Anda bisa melakukan pembersihan untuk bagian bawah kap mesin. Jika sudah anda dapat lanjut ketahab selanjutnya yaitu mulai membersihkan komponen-komponen mesin mobil tersebut.

ASMA AMIRAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *