Begini Cara Menyimpan Susu Cair Agar Tidak Cepat Basi

TEMPO.CO, Jakarta -Susu dikenal sebagai minuman yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Dari anak-anak hingga orang dewasa disarankan untuk minum susu agar mendapatkan manfaat baik dari susu.

Susu cair (langsung minum) adalah produk susu yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang karena praktis dan bisa diminum dimana saja.

Membiarkan susu di luar kulkas selama dua jam dapat membuatnya mudah membusuk. Oleh karena itu, simpan susu cair yang kemasannya sudah dibuka dengan tepat melansir Mashed.com

Tutup kemasan dengan rapat

Kemasan susu cair sekarang ini biasanya berupa karton dengan penutup seperti botol. Pastikan tutup tersebut diputar rapat supaya tidak ada udara yang masuk.

Begitu pula apabila susu disimpan dalam stoples kaca. Tutup stoples dengan benar dan rapat.

Simpan di kulkas bersuhu 2-3 derajat celsius

Setelah memastikan kemasan tertutup rapat, masukkan susu ke dalam kulkas. Pastikan suhunya antara 2 sampai 3 derajat celsius.

Kalau disimpan pada suhu di atasnya, misalnya suhu 4,4 derajat celsius, semakin besar kemungkinan bakteri berbahaya akan mulai tumbuh dan berkembang biak. Sementara itu, kalau terlalu dingin bisa menyebabkan susu membeku.

Letakkan di bagian belakang laci Letakkan susu di bagian belakang laci karena itu spot paling dingin, jarang terpapar panas. Mungkin ada yang menyimpan susu di pintu kulkas.

Langkah ini sebaiknya dihindari karena pintu kulkas suhunya naik-turun karena sering terpapar panas udara luar ketika dibuka-tutup cukup sering.

Jangan taruh di suhu ruang terlalu lama

Setelah mengambil susu dari dalam kulkas, jangan biarkan di suhu ruang terlalu lama.

Segera masukkan kembali ke dalam kulkas usai diminum sebagian.

Bekukan susu

Kalau ingin masa simpannya lebih tahan lama bisa bekukan susu. Caranya, siapkan wadah yang agak besar karena susu beku akan mengembang. Pastikan wadah tertutup rapat.

Di dalam freezer, jauhkan dari bahan makanan yang mengandung bau menyengat. Kalau ingin mengonsumsi susu, letakkan di dalam kulkas semalaman supaya cair. Jangan mencairkan susu di suhu ruang karena meningkatkan bakteri berkembang biak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *