5 Cara Mendukung Teman yang Mengalami Perceraian

Tak perlu dikatakan bahwa perceraian adalah salah satu hal tersulit yang bisa dialami seseorang. Dan ketika seorang teman atau orang yang dicintai sedang mengalami perceraian, rasanya hanya ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan atau katakan untuk mendukung mereka.

Untuk mengetahui cara terbaik berada di sana untuk seseorang yang mengalami perceraian, terapis dan ahli hubungan Ken Page, membagikan beberapa tips terbaiknya.

1. Hormati perjalanan merekaJalan menuju penyembuhan setelah perceraian tidak linier, dan Page mengatakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai teman adalah menghormati perjalanan penyembuhan mereka. “Temanmu mungkin baik-baik saja suatu hari nanti, berduka di hari berikutnya, terbangun di tengah malam dan menangis di malam berikutnya, dan merasa siap untuk berkencan keesokan harinya,” jelasnya kepada Mind Body Green.

Menangani kehilangan semacam ini memiliki banyak lapisan, termasuk rasa sakit, tetapi juga pembelajaran dan pertumbuhan, katanya. “Jadilah teman yang menormalkan semua pasang surut mereka, membantu mereka melihat bahwa jiwa di hati dan tubuh memetabolisme rasa sakit semacam ini dengan cara yang melampaui pemahaman kita,” tambahnya.

2. Hormati kebutuhan merekaSelain menghormati perjalanan mereka, Page mengatakan Anda juga ingin menghormati permintaan mereka. Dan itu termasuk ketika mereka membutuhkan keheningan, ketika mereka membutuhkan koneksi, ketika mereka ingin berbagi detail, dan ketika mereka merasa tidak siap, catatnya.

“Tanyakan apa yang mereka butuhkan dan coba berikan kepada mereka,” katanya. “Undang mereka ke pertemuan sosial apakah mereka datang atau tidak—ini terutama berlaku selama liburan.”

3. Beri semangatTidak pernah ada waktu yang buruk untuk memberi teman Anda dorongan kepercayaan diri, tetapi seorang teman yang sedang mengalami perceraian mungkin sangat membutuhkan penguatan positif. Seiring dengan pujian dan kekaguman umum, Page mengatakan Anda juga dapat mengingatkan mereka tentang semua kualitas baik yang mereka tunjukkan dalam hubungan, seperti seberapa keras mereka mencoba dan semua upaya yang mereka lakukan. Ingatkan mereka bahwa semua cinta yang mereka berikan dalam hubungan sekarang dapat mereka berikan kepada diri mereka sendiri.

4. Beri ruang untuk mereaTerkadang hanya merasa terlihat dan dipahami adalah hal yang sangat diinginkan orang saat mereka terluka, dan memperluas empati adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Ini terutama jika perilaku teman Anda berperan dalam perceraian.

“Kadang-kadang kita tahu bahwa hubungan berakhir di beberapa bagian penting karena teman kita,” jelas Page. Mungkin mereka selingkuh, mendorong pasangan mereka menjauh, atau tidak mengatasi masalah mereka sendiri. Apa pun masalahnya, “Pegang itu dalam hati Anda dan jangan membahasnya mereka siap dan sampai mereka bertanya kepada Anda,” kata Page, menambahkan, “Anda dapat mengajukan satu atau dua pertanyaan lembut, tetapi biarkan saja. Mereka akan mengejarnya jika mereka siap.”

5. Dorong mereka untuk terlibat saat mereka siapDan terakhir, dorongan mulai dari undangan acara hingga kencan minum kopi hingga liburan akhir pekan dapat menjadi pengingat yang baik bahwa teman Anda dicintai dan tidak sendirian.

“Lakukan hal-hal menyenangkan bersama mereka. Dukung mereka dalam perjalanan seperti meditasi, kelas yoga, dan apa pun yang menyembuhkan dan menenangkan hati dan jiwa,” kata Page. “Semakin mereka merasa terhubung dengan hati dan kegembiraan hidup, semakin baik bagi mereka.”

Anda dapat dengan lembut mendorong teman Anda untuk mempertimbangkan untuk mencoba terapi atau pelatihan. Dan tentu saja, Anda tetap ingin mengingat untuk menghormati kebutuhan mereka jika mereka menginginkan ruang, privasi, atau istirahat, jadi ingatlah itu saat Anda menawarkan dukungan dan dorongan.

Tidak ada yang suka melihat teman-teman mereka mengalami masa-masa sulit, dan mungkin sulit untuk menavigasi mendukung mereka tanpa memaksakan diri terlalu keras. Sementara penyembuhan dari perceraian membutuhkan waktu, menahan ruang dan menghormati perjalanan teman Anda sambil menawarkan sumber daya dan dorongan dapat membantu membuat prosesnya menjadi lebih mudah bagi mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *